Deliberate Learning: Metode Untuk Menjadi Seorang Ahli

Sumber gambar: Financial Times

Deliberate learning — Dalam lingkungan bekerja, sering kali kita berkeinginan untuk menjadi orang yang handal dalam suatu bidang. Hal ini dapat disebabkan agar kita dapat meningkatkan kemampuan diri ataupun memang kita menyukai bidang tersebut. Untuk menjadi seorang yang handal, tentunya diperlukan metode yang tepat. Salah satu metodenya adalah deliberate learning.

Apa itu Deliberate learning?

Deliberate learning merupakan metode yang sangat menekankan pada intensitas dan konsistensi belajar. Deliberate learning juga dapat diartikan dengan metode belajar yang dilakukan secara terus menerus dengan cara yang benar. Cara yang benar disini maksudnya memperhatikan hal-hal dasar terlebih dahulu sebelum beranjak ke bagian berikutnya.

Metode deliberate learning dapat kita ilustrasikan sebagai ketika anda ingin menjadi petinju yang handal, alih-alih langsung terjun ke latihan bertarung, metode deliberate learning akan menyarankan untuk terlebih dahulu untuk melakukan pembelajaran dasar secara teori. Setelah itu, baru kita melakukan latihan fisik, latihan kecepatan, hingga latihan tanding.

Sumber gambar: Pinterest

Deliberate Learning, Metode Tidak Menyenangkan?

Deliberate learning dapat dikatakan seperti “metode 10.000 jam” untuk menguasi suatu bidang. Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki tekad yang setengah-setengah, metode ini tidak akan cocok dengan kamu.

Metode ini mengajarkan kamu untuk melakukan latihan secara teratur dan rutin. Kamu dituntut untuk terus konsisten selama metode ini dilakukan sampai tujuan kamu tercapai. Selain itu, kamu juga perlu melakukan evaluasi dari apa saja yang telah dikerjakan.

Apa Lagi Yang Perlu Dipersiapkan?

Jawabannya adalah sumber motivasi. Mengapa demikian? Karena metode ini membutuhkan perjuangan besar, sehingga diperlukan juga sumber motivasi. Sebaik-baiknya motivasi adalah yang berasal dari dirimu. Tetapi, tapi tidak ada salahnya meminta bantuan orang lain untuk membantu belajar. Mereka juga dapat membantu ketika kamu sedang down, lho.

Apakah kamu sudah siap menjadi orang yang handal? Tetap semangat dan semoga berhasil!

Artikel di atas merupakan kolaborasi antara Apiary dengan Mebiso, anda juga bisa membaca artikel-artikel menarik lainnya terkait leadership dan entrepreneurship dari Mebiso melalui https://mebiso.com/. Selamat membaca, salam sukses!