Kembangkan Diri Di Tengah Pandemi

Sumber Gambar: Convergence Coaching

2020 kemarin kita semua sudah melewati banyak sekali rintangan, banyak yang bilang 2020 hanya ada bulan Januari, Februari dan Maret. Bulan lainnya kita semua dikejutkan dengan adanya berita Covid-19 yang mengharuskan kita berdiam diri dirumah. Bulan ke bulan yang berat, telah kita lewati bersama dan tidak terasa sudah memasuki awal tahun 2021.

Awalnya memang berat, kita “dipaksa” untuk mampu mempergunakan teknologi dalam waktu yang sangat singkat, misalnya mengajar dengan perangkat teknologi online dan bekerja atau rapat dengan menggunakan video call. Bahkan hingga lifestyle pun ikut berubah, dimana kita harus lebih disiplin dengan kesehatan dan kebersihan.

Sekarang segala bentuk aktivitas masyarakat yang dilakukan di masa pra-pandemi, kini harus dipaksa untuk menyesuaikan gaya hidup kebiasaan baru. Selamat untuk kamu yang sudah mulai terbiasa dan survive di keadaan seperti ini. Tapi, untuk terbiasa dan bertahan saja tidak cukup lho, kita semua sudah harus mulai berubah dan berkembang. Kenapa? karena kemungkinan di masa setelah wabah corona, kita tetap menggunakan teknologi ini, bahkan akan menjadi gaya hidup kita di masa datang. Jadi, jika kita hanya berjalan ditempat, kita akan tertinggal dan sulit untuk maju melihat ke depan.

Lalu apa yang harus kamu lakukan? Personal Development. Yups, setiap orang pasti memiliki potensi dalam diri yang saling berbeda satu sama lain. Dengan kamu mengenali potensi diri, lalu menggali dan meningkatkan kualitas dirimu, hidup bisa jadi lebih berkembang dalam mencapai apapun yang kamu inginkan. Karena sekarang adalah waktu yang tepat untuk kamu mulai berubah dan berkembang. Apalagi saat diri kamu yang mesti dikarantina sementara waktu, periode itu bisa kamu jadikan momen untuk menggali lebih banyak potensi yang ada didalam diri kamu sendiri.

Masih bingung hal apa yang harus kamu lakukan untuk mengenali dan menggali potensi dirimu? Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

1. Why are You Trying to Develop?

It is important to understand why you are trying to develop.

Memang membuat perubahan dan mengembangkan diri itu penting, terlebih lagi di keadaan seperti ini yang mengharuskan kita untuk cepat mengikuti arus perkembangan trend dan teknologi. Tetapi, ada halnya kamu juga harus membuat alasan dan tujuan mengapa kamu harus Trying to Develop?

Semua yang kamu lakukan akan menjadi lebih jelas setelah mengetahui apa tujuanmu, agar nantinya tidak berhenti ditengah jalan dan juga tidak bertanya-tanya mengapa kamu harus melakukan ini saat menjalankan nya, lalu dengan mempunyai tujuan, kamu jadi lebih termotivasi saat menjalankan nya.

2. Start Now

Setelah kamu mengetahui alasan dan tujuan kamu untuk berkembang, sekarang waktunya untuk memulai. Temui potensi dirimu dengan MEMULAI. Kamu tidak perlu langsung melangkah yang luas dan jauh untuk menggali potensi di dalam dirimu. Mulailah dengan langkah-langkah yang kecil namun pasti. Di sini, kamu secara tidak langsung akan menikmati setiap prosesnya.

Yang jelas, kamu mesti mulai. Jangan hanya kamu rencanakan saja tanpa ada aksi nyata. Misalnya kamu bisa mulai dari hobi berkebun, menggambar, menulis, memasak, atau hal lainnya yang sederhana. Bisa jadi, bakat atau potensi yang bagus di dalam diri kamu justru dari hal-hal atau hobi seperti itu, lho!

Contohnya, jika kamu hobi memasak, dari hobi kamu bisa niatkan untuk memulai bisnis dan mendapatkan penghasilan dari hobimu, ataupun, membuat terobosan baru dengan masakanmu. Seperti beberapa waktu yang lalu viral dengan trend Dalgona Coffe, dari hobi kamu bisa jadi pelopor sebuah masakan baru yang nantinya ramai di sosial media.

Let’s Goo tanamkan niat dan berhenti berkata “ah kayaknya ga bisa deh” atau “hmm besok aja deh”

“You cannot escape the responsibility of tomorrow by evading it today.”
-Abraham Lincoln-

3. Challenge YourSelf

Setelah mencoba beberapa hal kecil sebagai awalan, sekarang waktunya kamu menantang dirimu untuk keluar dari zona nyaman, lawan rasa takutmu dan mulai fokus pada apa yang ingin kamu lakukan dan tekuni.

When your life is filled with newness, do something that you never tried before, you will feel the freshness and life will be exciting for you and this is surely one of the easiest and best ways to improve the quality of your life.

4. Keep Repeating

“Terus mengulang, mengulang dan mengulang kebiasaan baru mu sekarang”, jangan cepat puas dengan apa yang telah kamu telah lakukan saat ini. Tanamkan niat komitmen dan konsisten pada dirimu dan ingat apa tujuan awalmu untuk Trying to Develop.

Tapi ingat, mengembangkan diri membutuhkan waktu dan dedikasi lho. Tidak mudah untuk mengubah kebiasaan kita, mengubah persepsi kita dan mempelajari hal-hal baru. Kita juga perlu menemukan keberanian untuk melangkah ke dalam ketidaknyamanan emosional yang muncul saat kita keluar dari zona nyaman.

Jadi, saat kamu telah menemukan hal yang cocok untuk menggali potensi dirimu, cobalah fokus pada satu hal itu, lakukan untuk jangka waktu yang panjang dan penuh dedikasi.

Personal development is like a skill, you can master it if you are willing to work on it every day, consistently. Giving up is not an option. Not have enough time is not an option. Failure is not an option. Hence, stop making excuses. Don’t say that you don’t know how to do it or you don’t have the time. It is about being committed to things that you want. So, do something good every day, regardless of how big or small it is and it all starts with you.

Penulis: Nova Damayanti (Copywriter at Apiary Coworking Space)

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store