Lakukan Ini Agar Berhenti Menunda Pekerjaan!

Sumber Gambar: National Funding

Menunda Pekerjaan — Untuk mencapai sebuah kesuksesan, dibutuhkan kedisplinan dalam menuntaskan sebuah pekerjaan. Tetapi, bagaimana jika kita senang menunda untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut? Yuk, simak tips-tips berikut ini untuk mengatasinya!

1. Hadapi rasa takut

Sering kali kita merasa takut gagal atau tidak bisa mengerjakan sesuatu dengan baik. Tak jarang, hal tersebut membuat kita ragu untuk mulai mengerjakannya.

Lawan rasa takut itu dan mulailah mengerjakan. Selesai namun tak sempurna lebih baik dari tidak dikerjakan sama sekali. Berusahalah untuk menuntaskan terlebih dahulu, pikirkan hasil belakangan.

2. Bagi suatu tugas menjadi beberapa tugas yang lebih kecil

Ada kalanya kita harus mengerjakan suatu pekerjaan yang berat. Tidak jarang, hal tersebut menjadi sebuah beban bagi kita untuk menyelesaikannya. Sayangnya, beberapa orang justru berusaha ‘lari’ dari beban tersebut dengan menunda-nunda mengerjakannya.

Jika suatu tugas Anda terasa sangat berat, bagilah tugas tersebut menjadi beberapa tugas kecil. Kemudian, selesaikan satu per satu hingga semua tugas tersebut beres. Dengan demikian, tugas tersebut akan lebih mudah untuk dikerjakan.

3. Jadikan tugas sebagai prioritas

Salah satu alasan mengapa kita menunda suatu pekerjaan adalah karena kita tidak menjadikannya sebagai prioritas. Oleh karenanya, kita jadi mudah terdistraksi melakukan hal lainnya. Segala hal yang menjadi prioritas utama, tentunya harus diselesaikan terlebih dahulu.

4. Gunakan alat bantu

Hal yang terpenting dalam menuntaskan pekerjaan adalah tepat waktu sesuai deadline. Agar semakin mudah, gunakanlah alat-alat yang dapat membantu Anda dalam mengingat deadline.

Jika anda lebih suka cara yang terkesan “oldschool”, Anda bisa mencatat kegiatan dan tugas Anda pada buku catatan khusus. Anda juga bisa menandai tanggal deadline di kalender. Tetapi, Jika anda ingin yang lebih praktis, Anda bisa menggunakan aplikasi reminder di ponsel untuk mencatat rincian tugas dan deadline. Ketika notifikasi deadline muncul, jangan hanya didiamkan saja ya!

5. Beri reward untuk diri sendiri

Ketika Anda berhasil menuntaskan suatu pekerjaan, tentunya boleh banget untuk memberikan self-reward. Hargailah diri Anda atas apa yang telah dicapai. Hal ini akan membuat Anda semakin terpacu untuk melawan kebiasaan buruk.

Good bye, menunda pekerjaan!

Setelah membaca artikel ini, Anda tidak boleh lagi menunda pekerjaan. Mulailah untuk lebih produktif sekarang juga. Mari katakan selamat tinggal untuk menunda-nunda pekerjaan!

Artikel berikut merupakan kolaborasi Apiary dengan Mebiso, anda juga bisa membaca artikel-artikel menarik lainnya terkait leadership dan entrepreneurship dari Mebiso melalui https://mebiso.com/. Selamat membaca, salam sukses!

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store