Our CEO’s Thought on Women Entrepreneurs: Jessica Casey Jaya

Ketika memikirkan mengenai perjuangan kesetaraan gender dan emansipasi wanita di Indonesia, maka nama R. A. Kartini sudah pasti muncul di pikiran. Dapat kita rasakan sekarang hasil perjuangan beliau, terbukti dengan samanya kesempatan setiap laki-laki dan wanita untuk mengejar pendidikan maupun karir. Sekarang bukan hal yang aneh apabila kita temukan di Indonesia seorang wanita mengejar ilmu hingga menjadi doktor, seorang wanita menjadi direktur perusahaan, bahkan seorang wanita menjadi presiden.

Namun, tentunya perjuangan R. A. Kartini belum sepenuhnya selesai. Masih banyak hal-hal mengenai kesetaraan gender yang perlu kita perjuangkan. Dalam merayakan Hari Kartini, kami berkesempatan untuk berbincang mengenai women in business dengan COO kami, Jessica Casey Jaya.

Menurut Jessica Casey, Kartini di matanya adalah wanita yang berani. “Berani untuk speak up, berani untuk break the rules, dan berani berjuang untuk dirinya sendiri,” ujarnya. Hal ini memang sudah tidak diragukan lagi, karena untuk menjadi wanita peduli dan memperjuangkan hak masyarakat seperti Kartini memang membutuhkan keberanian yang cukup besar.

Jessica Casey juga menegaskan bahwa wanita itu tidak bisa bergantung sepenuhnya dengan laki-laki atau harta warisan. Seorang wanita harus dapat belajar dan berusaha dalam membangun kesuksesannya. Menurutnya di zaman sekarang, tidak ada alasan untuk sulit belajar ataupun sulit berbisnis. Banyak sekali media yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat belajar seperti youtube, google, ataupun workshop Apiary. Ia percaya bahwa selalu ada cara bagi orang yang mau berusaha.

Tidak dapat dipungkiri bahwasanya masih ada beberapa orang yang tidak memiliki pemahaman mengenai emansipasi wanita dan kesetaraan gender. Bahkan mungkin memahami, namun masih tidak menganggap penting. Dalam perjalanan wanita mengejar pendidikan ataupun karir, seringkali wanita mendapat kritik yang muncul dari orang-orang terdekat atau terkadang oleh masyarakat luas. Namun, persepsi dan penilaian orang terhadap diri kita terkadang ada kalanya penting untuk diabaikan.

Focus on improving yourself, be kind to others, and the rest will follow. Let’s keep being resilient and show them what we can do.” -Jessica Casey Jaya

….

Terima kasih telah membaca artikel ini! Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai service, komunitas, event, dan program di Apiary?

Kunjungi website kami di www.apiary.id atau Instagram kami di @apiary.coworking

Written by Edelweis Bintang Revinda (Copywriter at Apiary Coworking Space)