Pentingnya Laporan Keuangan untuk Perkembangan Bisnis

Laporan keuangan (Financial Statement) adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode yang dapat digunakan untuk menggambarkan keadaan perusahaan tersebut. Laporan keuangan biasanya meliputi neraca, laporan laba rugi komprehensif, laporan perubahan ekuitas, laporan arus kas, dan catatan atau laporan lain.

Membuat laporan keuangan ini juga seharusnya dimulai sedari awal perusahaan didirikan. Bisa saja dibuat oleh in-house staff atau pihak ketiga seperti konsultan pajak. Terutama di Indonesia yang sudah mulai berkembangnya teknologi, perusahaan bisa juga menggunakan sistem pembukuan online.

Lalu mengapa laporan keuangan ini sangat penting untuk dibuat? Kami sempat berbincang dengan salah satu partner Apiary Business Solutions, yaitu Wiempy Tjandra, CPA., BKP, Tax Consultant dari Oliver & Co. Yuk simak!

  1. Untuk Mengetahui Apakah Keuangan Perusahaan Dalam Keadaan Sehat

Laporan keuangan penting dibuat untuk mengetahui bagaimana keadaan sebenarnya dari sebuah bisnis atau perusahaan. Dari laporan keuangan, kita bisa melihat apakah perusahaan tersebut dalam keadaan sehat atau tidak. Karena, walaupun adanya cash/saldo tidak menjamin keuangan perusahaan sedang dalam keadaan sehat. Bisa saja dalam waktu dekat ada hal-hal yang harus dibayar atau pengeluaran-pengeluaran tidak terduga. Walaupun customer terus berdatangan, perusahaan belum tentu dalam keadaan aman. Tetap dibutuhkan analisa secara lebih lanjut mengenai keuangan perusahaan tersebut.

2. Untuk Menentukan Perencanaan Budgeting

Selain dari itu, laporan keuangan juga penting dalam menentukan rencana budgeting. Contohnya apabila perusahaan ingin scale up atau berkembang, maka perusahaan dapat menentukan berapa biaya yang harus dikeluarkan dan juga perkiraan return of investment (ROI) yang bisa didapatkan. Laporan keuangan akan memberikan data yang menjadi dasar pengambilan keputusan kedepannya.

3. Untuk Menarik Investor

Terutama di zaman sekarang, sudah banyak bermunculan business model baru seperti startup. Bisnis model startup biasanya mencari modal dari Venture Capitalist (VC), sehingga laporan keuangan tentunya penting untuk dibuat karena laporan keuangan tersebutlah yang akan menggambarkan proyeksi keuangan dan value dari startup untuk meyakinkan Venture Capitalist dalam berinvestasi.

….

Terima kasih telah membaca artikel ini! Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai service, komunitas, event, dan program di Apiary?

Kunjungi website kami di www.apiary.id atau Instagram kami di @apiary.coworking

Written by Edelweis Bintang Revinda (Copywriter at Apiary Coworking Space)

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store