Process Oriented VS Result Oriented

Sumber gambar: Industry Today

Dalam melakukan sebuah pekerjaan, pastinya terdapat perbedaan pandangan dari masing-masing individu. Secara umum, pandangan dalam melakukan bekerja dapat dibagi menjadi dua segmentasi, yaitu process oriented dan result oriented. Lalu, bagaimana karakteristik dari kedua orientasi tersebut? Manakah pandangan yang lebih baik? Yuk simak tulisan di bawah ini!

Karakteristik Masing-Masing Pandangan

Sebelum masuk pembahasan yang lebih dalam, sangat penting bagi kita untuk mengetahui karakteristik dari masing-masing pandangan.

1. Process Oriented

Orang yang memiliki pandangan process oriented biasanya akan sangat berfokuskan kepada langkah-langkah dalam menyelesaikan sesuatu sesuai aturan. Orang dengan pandangan ini biasanya akan mengerjakan sesuatu dengan teliti dan sangat hati-hati.

Sumber gambar: Kompas Lifestyle

Orang dengan pandangan process oriented biasanya sangat menghargai prosedur atau langkah demi langkah menyelesaikan sesuatu. Tak jarang, orang dengan pandangan process oriented akan memiliki sifat kecenderungan yang perfeksionis. Menurut KBBI, perfeksionis merupakan orang yang ingin segala-galanya mulai dari proses hingga hasil akhir berjalan sempurna.

Sehingga orang dengan pandangan process oriented cenderung akan membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikan suatu hal. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa hasilnya pun akan sangat memuaskan.

Selain itu, orang dengan pandangan process oriented biasanya akan menggunakan metode pembelajaran deliberate learning. Deliberate learning merupakan metode yang sangat menekankan pada intensitas dan konsistensi dalam mengerjakan sesuatu.

2. Result Oriented

Orang yang memiliki pandangan result oriented biasanya akan sangat berfokuskan pada hasil target. Orang dengan pandangan ini biasanya berpikiran untuk bagaimana menyelesaikan satu target yang kemudian dapat beralih ke target lainnya.

Sumber gambar: IStock Photo

Namun, orang yang memiliki pandangan ini juga memikirkan prosesnya, lho. Walaupun tidak sedetail orang dengan pandangan process oriented, sih.

Kelebihan dari orang yang memiliki pandangan ini adalah akan menyelesaikan suatu pekerjaan dengan cepat. Pandangan ini juga dipercaya dapat meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Selain itu, orang yang memiliki pandangan result oriented juga dianggap fleksibel dalam melakukan pekerjaan. Hal ini dikarenakan result oriented akan fokus ke hasil akhir, jadi mereka akan menggunakan segara cara untuk mendapatkan hasil akhir yang diinginkan.

Orang yang memiliki pandangan result oriented juga dianggap dapat menangani ambiguitas dalam bekerja, bahkan dengan informasi atau prosedur yang kurang lengkap. Berbeda dengan process oriented, yang mana mengharuskan kelengkapan dari detail prosedur dan informasi dari suatu hal yang akan dikerjakan.

Dengan durasi yang cepat dalam melakukan pekerjaan, tentunya hasil akhirnya pun akan berbeda pula. Biasanya, orang dengan pandangan ini akan menghasilkan hasil akhir yang secara detail dan teliti akan berada di bawah process oriented. Selain itu, orang dengan pandangan ini juga akan melakukan apapun untuk mencapai tujuan, bahkan ketika tidak sesuai dengan prosedur.

Lalu, manakah yang lebih baik?

Jawabannya adalah dikembalikan ke pribadi masing-masing. Sebab, semua individu memiliki pandangan yang berbeda-beda dalam melihat sesuatu. Lagipula kedua pandangan tersebut memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing.

Process oriented memiliki keunggulan berupa akan menghasilkan suatu hasil akhir yang sangat rapi, teliti, dan detail. Namun, pandangan ini juga memiliki kelemahan berupa cenderung akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan pekerjaan.

Sedangkan result oriented memiliki keunggulan berupa akan menyelesaikan pekerjaan dengan cepat karena pandangan ini melihat dari target ke target. Namun, result oriented cenderung menghasilkan hasil akhir yang kualitasnya tidak se-sempurna pandangan process oriented. Orang yang memiliki pandangan ini juga biasanya akan lebih memiliki banyak beban pemikiran karena dihantui oleh target-target berikutnya.

Setelah membaca artikel ini, diharapkan anda akan semakin paham keunggulan dan kelemahan dari process oriented dan result oriented. Anda juga bisa membaca artikel-artikel menarik lainnya mengenai work ethic atau tentang leadership dari Medium Apiary melalui tautan https://apiary-coworking.medium.com/. Selamat membaca, salam sukses!

Artikel ini ditulis oleh:
Bima Nugroho

Copywriter Intern at Apiary Co-working Space.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store