Skill yang Kalian Butuhkan Untuk Peran Marketing

Jika kalian bekerja atau tertarik dalam dunia marketing, kalian harus tahu terlebih dahulu mengenai peran dan apa saja yang dikerjakan. Kalau misalnya kalian content creator, pastinya kalian berperan untuk menulis artikel atau konten yang dibutuhkan, sedangkan kalau kalian social media manager, kalian akan berperan untuk mengatur aktivitas sosial media dan masih banyak lagi peran-peran dan posisi lainnya dalam dunia marketing.

Tapi mengetahui peran saja tidak cukup, kalian harus tahu skill apa saja yang kalian butuhkan untuk bekerja di pekerjaan-pekerjaan ini nantinya. Dan disini, kami akan memberitahukan kalian skill apa saja yang kalian perlu miliki!

1. Mempunyai skill copywriting, storytelling dan kreatif

Copywriting adalah skill yang sangat penting dalam pekerjaan pekerjaan seperti ini. Tidak peduli desain dan estetikanya sebagus apa kalau tidak di-copywrite dengan benar tidak akan maksimal. Katakan pada audiens kalian apa persisnya yang mereka akan melihat dari kalian dan kalian akan dengan mudah menggaet mereka, dan dari sini jugalah sisi kreatif dan storytelling dibutuhkan.

Tapi apa pendekatan yang benar saat penulisan seperti ini? Pendekatan KISS; keep it simple, stupid (pastikan penulisannya simpel). Berarti dari sini kalian harus pastikan pesan kalian mudah dimengerti dan jangan sampai pesannya:

· Kepanjangan, dengan kalimat yang susah diikuti

· Kata kata yang terlalu banyak suku katanya

· Memakai jargon dan buzzword industri

2. Memahami customer dan social media management

Menurut statistik sosial media dari HubSpot, 97% marketer menggunakan sosial media untuk mencapai audiens mereka. Dan karena inilah mengetahui bagaimana setiap platform bekerja adalah bagian dari pekerjaan ini.

Sayang banget ya, nggak ada Friendster atau Myspace disini. Masih inget nggak?~

Dari membangun komunitas, mengikuti perbincangan sosial media, atau membangun rencana marketing, bekerja dengan alat-alat sosial media adalah skill marketing yang sangat penting.

3. Memahami strategi SEO

Menurut Jeff Haden dari Inc., SEO merupakan salah satu hal paling penting dalam seni marketing, tetapi karena SEO adalah sesuatu yang penting, maka mereka sering dianggap sebagai sekedar commodity. Dikutip dari artikel:

“Kita ada di masa di mana ‘marketing’ sebagai skill sudah menjadi komoditas, tetapi tidak dianggap serius. Semua orang yang mempunyai akun Instagram bisa mengatakan mereka ‘marketer’, meskipun mereka tidak punya bukti yang menguatkan itu. Dan orang orang bisa memasukkan dengan paksa sebanyak mungkin keyword di artikel yang tidak bagus tulisannya dan menganggap diri mereka sebagai ahli SEO.”

Dan inilah kenapa SEO adalah sesuatu yang penting untuk dipahami dengan benar. Jika kalian ingin lebih terlihat oleh search engine, lakukan dengan benar, dan fokus ke ranking organic.

4. Kemampuan research, analytics, dan komunikasi

Beberapa bagian terpenting dari marketing adalah research, analytics, dan komunikasi. Mereka penting dengan alasan-alasan mereka sendiri. Dalam marketing, analytics sangat penting karena data memang dibutuhkan oleh setiap perusahaan. Dan dari sini, Google Analytics menjadi salah satu alat terpenting di zaman ini. Sedangkan research sangat dibutuhkan untuk banyak hal saat merencanakan sesuatu: mencari klien, alat alat marketing, influencers, kompetisi, ide ide produk, dan sebagainya. Dan semua ini membutuhkan komunikasi, lebih lagi komunikasi ke para konsumen.

Di sini ada beberapa tips yang bisa diberikan untuk mempromosikan interaksi sosial berkualitas secara online dan offline:

· Pastikan respon yang diberikan di sosial media terkesan tulus dan empatik

· Cari tahu cara cara baru untuk mendapatkan keuntungan dengan mempelajari perilaku online para konsumen

· Identifikasi isu konsumen yang datang terus-terusan dan cari solusinya

5. Teamwork skill

Tentu saja semua skill­-skill yang diberikan diatas tidak akan berjalan terlalu baik jika tidak dibarengi dengan kemampuan kerjasama tim dan negosiasi. Selalu ingat bahwa marketer tidak bisa bekerja sendiri, mereka harus berkolaborasi dengan setiap tim yang ada, dari sales, finance, customer service, sampai IT department. Karena dengan teamwork-lah kita bisa membedakan perusahaan yang biasa-biasa saja dengan perusahaan yang hebat.

Written by: Callasyah Erwinanda (Copywriter of Apiary Coworking Space)

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store