Sejak kecil kita semua pasti pernah mendengar peribahasa :

“Berakit-rakit ke hulu. Berenang-renang ke tepian
Bersakit-sakit dahulu. Bersenang-senang kemudian”

Yups, peribahasa yang menganjurkan kita untuk bekerja keras terlebih dahulu, baru bersenang-senang setelahnya.

Sekarang peribahasa tersebut diadaptasi ke gaya hidup zaman sekarang, yaitu “Work Hard Play Hard”

Work Hard Play Hard idom dengan gaya hidup para pekerja yang ingin sukses di dunia karier, namun tidak mau stress dengan tuntutan pekerjaan, yaitu dengan melakukan prinsip “Pada saat bekerja kita harus bekerja dengan sungguh-sungguh, dan ketika tiba waktunya untuk bersenang-senang maka kita harus benar-benar menikmatinya.”

Sama halnya dengan work life balance. Beberapa orang yang sekarang sudah sukses merasa sedikit menyesal, karena saat mudanya terlalu banyak menghabiskan waktu dengan bekerja. Lalu, saat akan memulai petualangan yang sejak dulu diinginkannya, malah semakin terbatas karena fisiknya yang sudah tak sekuat dulu lagi. Memang dalam hidup itu jangan terjebak dengan obsesi yang berlebihan hingga akhirnya lupa bagaimana cara membahagiakan diri sendiri.

Salah satu kunci kesuksesan adalah memberi keseimbangan antara bekerja keras dan bersantai menikmati waktu dengan hal-hal yang menyenangkan. Karena, hidup tidak melulu soal mengejar karier dan mendapatkan promosi. Bersenang–senang pun adalah hal yang boleh dilakukan untuk menyiasati kepenatan saat bekerja.

Buat kamu anak muda zaman sekarang yang sedang semangat-semangatnya bekerja, tetapi tidak mau kehilangan dengan dunia bermainnya. Berikut tips untuk kamu agar bisa membagi waktu antara bekerja dan bermain:

1. Memulai Hari Dengan Membuat To Do List

Mulai lah harimu sebelum berangkat bekerja dengan membuat jadwal atau To Do List. Kamu bisa mengurutkan pekerjaan mu dari skala prioritas terpenting, deadline terdekat, atau mengurutkannya dari pekerjaan yang termudah sampai tersulit. Setelah mengurutkan pekerjaan, kamu juga perlu membuat timing atau target waktu dalam menyelesaikan pekerjaan, agar nanti nya To Do List kamu dapat terstruktur dan setelah selesai semua kamu mempunyai sisa banyak waktu untuk bermain.
Metode ini diyakini bisa memudahkanmu mengatur waktu dan pekerjaan yang ada.

2. Terapkan Sistem Punishment dan Rewarding

Jika kamu ingin selalu memiliki motivasi kerja, terapkan sistem Reward (penghargaan) dan Punishment (hukuman) untuk diri sendiri. Hal ini akan membuat kamu tetap fokus pada pekerjaan, seberat apapun hal yang kamu kerjakan. Contohnya, jika kamu menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan To Do List dan Target Waktu mu berilah reward untuk dirimu sendiri. Seperti, kamu bisa bermain game setelah lelahnya bekerja, makan makanan kesukaan mu, scrolling social media sampai puas, atau menonton film yang belum sempat kamu tonton.

Untuk itu, tidak ada salahnya jika kamu membayangkan bagaimana senangnya ketika suatu saat nanti, target-target yang kamu tetapkan akan selalu tercapai. Karena, mengingat dasar tujuan dari pemberian reward dan punishment ini adalah untuk memotivasi cara kerjamu agar tetap optimal.

Sebaliknya, jika pekerjaanmu tidak selesai dan tidak sesuai dengan To Do List, jangan segan untuk menghukum dirimu sendiri, seperti kamu tidak boleh bermain games sampai pekerjaanmu selesai, atau tidak boleh menonton film yang sudah kamu nanti-nantikan. Dengan begini, kamu akan selalu termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu. Selain itu, kamu juga akan meninggalkan kebiasaan menunda pekerjaan secara perlahan.

3. Ketahui Kapabilitas Dalam Dirimu

Setelah mencoba mendisiplinkan diri dengan menerapkan sistem Rewarding dan Punishment. Tetapi, penerapan nya malah membuatmu lelah bukan kepalang? Mungkin kamu perlu berhenti sejenak dan membuat ulang jadwal mu dengan lebih renggang dari yang sudah kamu buat sebelumnya. Karena, bisa jadi kamu belum betul-betul mengenali dirimu sendiri, sehingga To Do List dan target waktu yang telah kamu tentukan tidak sesuai dengan kapasitas dan kemampuan dirimu.

Dengan melakukan Work Hard Play Hard sama saja seperti kamu memberikan bentuk terimakasih terhadap dirimu loh, karena yang terpenting dalam bekerja adalah kesehatan dan kebahagiaan untuk dirimu sendiri!

Let’s Go Terapkan Work Hard Play Hard dalam kehidupan bekerja mu. karena, Bekerja Untuk Hidup, Bukan Hidup Untuk Bekerja!

Ingin bekerja dengan tempat yang enjoy dan tenang agar kamu bisa work hard play hard? Apiary Coworking Space Jakarta bisa menjadi tempat yang cocok untukmu!

Kunjungi instagram @apiary.coworking dan website apiary.id untuk informasi lebih lanjut.

Penulis: Nova Damayanti (Copywriter at Apiary Coworking Space)